Pendidikan merupakan tiket untuk masa depan. Hari esok untuk orang-orang yang telah mempersiapkan dirinya hari ini | Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta. Dan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh | Hiduplah seakan-akan kau akan mati besok. Belajarlah seakan-akan kau akan hidup selamanya

Perangkat Pembelajaran

 


📘 Perangkat Pembelajaran MTs Alif Laam Miim Surabaya

Sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen pada mutu dan kualitas proses belajar, MTs Alif Laam Miim Surabaya menyiapkan perangkat pembelajaran secara lengkap, sistematis, dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Seluruh perangkat disusun oleh guru profesional sesuai dengan kurikulum Kementerian Agama dan berpadu dengan nilai-nilai keislaman serta visi madrasah: Terwujudnya Generasi Rabbani yang Berjiwa Dai, Berwawasan Global, dan Peduli Lingkungan.

🧭 Komponen Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran di MTs Alif Laam Miim meliputi berbagai dokumen pendukung kegiatan belajar mengajar, antara lain:

  • Kurikulum Madrasah yang disesuaikan dengan regulasi terbaru Kementerian Agama Republik Indonesia.

  • Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai fase pendidikan menengah pertama.

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Modul Ajar berbasis student-centered learning dengan integrasi nilai-nilai Islam.

  • LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) kontekstual yang menumbuhkan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

  • Media Pembelajaran Digital yang inovatif, seperti penggunaan smartboard, simulasi interaktif, dan platform pembelajaran berbasis AI.

  • Instrumen Penilaian Otentik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan pendekatan formatif dan sumatif.

🌱 Pendekatan dan Model Pembelajaran

Guru-guru MTs Alif Laam Miim menggunakan berbagai model pembelajaran aktif dan kolaboratif seperti:

  • Discovery Learning, Project Based Learning (PjBL), dan Problem Based Learning (PBL);

  • Integrasi sains dengan ayat-ayat kauniyah dalam Al-Qur’an untuk menanamkan nilai tauhid dalam ilmu pengetahuan;

  • Pembelajaran berbasis riset dan eksperimen pada mata pelajaran sains serta karya ilmiah remaja.

💡 Tujuan Pengembangan Perangkat

Melalui perangkat pembelajaran yang terencana dan terukur, madrasah berupaya:

  • Mewujudkan proses belajar yang bermakna dan menyenangkan;

  • Menumbuhkan kompetensi literasi, numerasi, dan digital santri;

  • Menguatkan karakter islami, tanggung jawab, dan semangat belajar sepanjang hayat;

  • Menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad ke-21 dengan kecakapan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

📈 Evaluasi dan Pengembangan Berkelanjutan

Perangkat pembelajaran dievaluasi dan diperbarui secara berkala melalui rapat kerja guru (Raker), supervisi akademik, serta forum MGMP internal madrasah.
Dengan demikian, setiap proses belajar mengajar di MTs Alif Laam Miim Surabaya tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi juga menumbuhkan nilai, karakter, dan kecakapan hidup bagi setiap santri.

WhatsApp
Punya Pertanyaan Tentang MTs ? Chat WhatsApp Kami
Assalamu`alaikum, Ada Yang bisa Kami Bantu ? ...
Klik untuk memulai chat...